-->

Resep Cara Mudah Membuat Telur Asin Lezat by Imih

Resep Cara Mudah Membuat Telur Asin Lezat by Imih

Resepnusantara.xyz – Resep Cara Mudah Membuat Telur Asin Lezat by Imih. Setelah melalui proses perendaman selama hampir kurang lebih 2 minggu, akhirnya bisa disantap juga. Hasilnya sangat memuaskan dan rasa asinnya pas di lidah. Aroma bawang putih yang khas, kuning telurnya berminyak dan pastinya masir.

Proses pembuatan telur asin ini sangat berbeda dengan cara membuat telur asin yang kita kenal pada umumnya. Bunda Imih membuat telur asin sendiri di rumah dengan cara yang sangat praktis dan sangat mudah, yaitu cukup direndam dengan air yang sudah dibumbui di dalam wadah plastic atau toples. Cara ini sangat mudah dan simple, siapapun bisa mencobanya. Bunda juga nggak perlu repot-repot lagi melumuri telor yang akan di asinkan dengan abu gosok atau bubuk batu bata. Rasanya juga terasa lebih istimewa karena diberi tambahan bumbu bawang putih dan cabe.

Telor asin ini bisa di jadikan lauk atau bagi sebagian orang percaya bahwa bisa di jadikan obat untuk penyakit tertentu. Berikut adalah Resep Telor Asin by Imih.

Bahan – bahan:

10 butir telor bebek atau ayam (cuci bersih)
5 siung bawang putih (geprek)
10 buah cabe rawit merah (uleg kasar atau iris sesuai selera)
Air matang suhu ruangan (secukupnya. Cukup untuk 10 telor terendam secara sempurna)
Garam halus atau kasar 250gram

Cara membuat:

1. Larutkan garam di air matang. Bawang putih dan cabe (bagi yang mau polosan, bisa diskip ya untuk bahan yang ini).
2. Masukkan telor ke dalam wadah plastik. Tutup secara sempurna. Simpan selama 2 minggu.
3. Setelah 2 minggu, keluarkan telur rendaman dari wadah plastik, cuci bersih semua telor yang sudah direndam.
4. Rebus selama kurang lebih 30menit.
5. Angkat, dinginkan dan siap untuk di sajikan.

Resep telur asin dari bunda imih ini caranya gampang banget, jadi tidak perlu khawatir gagal waktu membuatnya ya bunda. Berbicara tentang telur asin yang bahan utamanya adalah telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi, masa kadaluwarsa telur asin bisa mencapai satu bulan penuh.

Daerah penghasil utama telor asin yang terkenal adalah kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri utama bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, tidak mengeluarkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat di lidah.


Demikian pembahasan tentang resep cara membuat telur asin ala bunda imih. Silakan dicoba resepnya ya bunda. Dan jangan lupa berbagi ke saudara, kerabat ataupun teman-teman yang lainnya. Indahnya berbagi :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Cara Mudah Membuat Telur Asin Lezat by Imih"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bijak :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel